Sporty Magazine official website | Members area : Register | Sign in

Sulap=Sihir?

Monday, March 22, 2010

Share this history on :
Konon, sulap sudah ada sejak 2600 tahun yang lalu, ini dibuktikan dengan ditemukannya lembaran-lembaran papyrus yang berisi hal-hal yang berkaitan dengan sulap. By the way, akhir-akhir ini masayarakat indonesia lagi demam-demamnya dengan acara TV The Master, yang menjadi ajang untuk unjuk gigi bagi pesulap-pesulap dari yang amatir hingga yang pinter. Mereka dapat menyihiar dengan penampilan memukau dan tampang oke para audien baik di studio atau dirumah.Sebut saja Deddy Corbuzier, yang bikin jerit-jerit gadis-gadis centil yang pada lihat.
Terlepas dari hiruk pikuk dan ketegangan atraksi sulap, benar gak sih sulap itu haram kayak sihir? Dalam coretan kecil ini kami bakal kupas tuntas setajam silet about permainan simsalabim ini.


Sulap & Sihir
Melihat kamus umum sulap diartikan sebagai sejenis permainan yang menggunakan ketangkasan dan kecepatan gerakan tangan sehingga penonton menyaksikan suatu keanehan. Sedangkan, merujuk ke tafsir Al-maraghi : kelihaian tangan dalam menyimpan sesuatu dan menampakkan yang lain bagi pandangan pemirsanya.
Sihir dalam kamus umum adalah ilmu tentang hal-hal ghaib yang menggunakan kekuatan batin/ ghaib. Dalam tafsir ayat al-ahkam, hakikat sihir adalah membolak-balikkan pandangan mata dan menipunya dari hakikat sesuatu. Kita beri contoh gampang dari sulap : binatang disembelih terus ditutupin sama kain, dibuka, bimsalabim tuh hewan hidup. Padahal, ini hanya tipuan, soalnya pesulapnya punya 2 ekor. Ia sembelih satu dan satunya disimpan., yang baru dikeluarin setelah membuka penutupnya. Inilah sulapan kuno yang pernah dimainkan dedy, pesulap mesir kuno, untuk menghibur raja Cheops di istana. Mengenai apakah sulap itu termasuk sihir, ulama' terpecah menjadi dua kubu : Menurut Jumhurul Ulama' dari ahlu As-Sunnah Wal Jama'ah sihir itu lain dengan sulap karena sihir itu hakikat bukan tipuan. Lain lagi dengan pendapat Mu'tazilah dan sebagian Alhu As-Sunnah, menurut mereka sihir itu hanya tipuan belaka seperti halnya sulap dan efeknya tidak hakikat.
Macam - Macam Sihir
Sebenernya sihir tidak tertentu pada hal-hal ghaib saja tapi orientasi sihir adalah menipu korbannya. Berikut kategori sihir yang berhiasl kami petik :
1. Tipuan. Ini bisa tergambar dalam permainan sulap. Semisal sihir yang diainkan tukang sihir fir'aun ketika berduel dengan nabi Musa dengan tongkat sebagai senjata. Sebagaimana cerita yang udah masyhur, tongkat tukang sihir itu tak jadi ular secara hakikatnya, kok bisa gerak-gerak? Iya. Soalnya, tuh tongkat udah dimodifikasi alias dilobangi dan diisi air raksa. Tali mereka juga diakali : dari bahan kulit yang udah disama' dan diisi juga dengan air raksa. Tempat pertunjukannya juga udah di atur, yakni tanahnya dilobangi dan diisi dengan api. So pasti, ketika tongkat dilempar, otomatis air raksa yang bereaksi terhadapa panas akibat api bergerak-gerak kayak ular di mata orang yang melihat. Nah, tipuan kan?. Allah berfirman : "mereka telah menyihir mata orang banyak, dan membuat mereka lari (karena sihir)"
2. Pemujaan pada Jin dan Syetan. Ini biasa dilakukan oleh para peramal dan dukun-dukun yang jadi rujukan orang yang gak mau pasrah ama takdir. Sebenernya mereka gak pernah kontak ma syetan atau jin, tapi apa yang mereka ramal adalah hasil kesepakatan/tawathu' diantara seprofesinya dengan bacaan mantera dan jimat sebagai penguat bahwa mereka telah dikhidmahi ama jin. Padahal realitanya gak demikian. nabi kita udah kasih warning pada orang yang percaya pada bualan dukun : "Barang siapa yang mendatangi dukun lalu meminta sesuatu, maka terhalang darinya taubat selama 40 malam, bila ia membenarkan apa yang ia ucapkan, berarti ia telah kufur"
3. Silat lidahnya para pengadu domba. Ucapan terkadang bisa menyihir seseorang dan mengena lebih tajam dari pedang. Semisal perpecahan antara suami-isteri akibat adu domba pihak ketiga yang bermaksud memecah belah kehidupan rumah tangganya.
4. Sihir dengan ramuan-ramuan atau obat-obatan yang bila dikonsumsi berefek cukup mengganggu kinerja akal. Bila kamu makan otak himar kemungkinan besar akalmu gak berfungsi dan menyebabkan kamu bodoh, sering tidak sadar, dan lain-lain. Juga termasuk kategori ini adalah santet.
Di zaman gak karuan ini, sulap malah di komersialkan untuk nebelin dompet pesulap. Tak ayal, bila antri bermunculan di tv, iklan yang menwarkan layanan ramalan via SMS oleh Deddy, Madam sahara dan lainnya.

Hukum Penyihir dan mempelajari sihir
Udah dijelasin di al-qur an kalau sihir itu harm di praktekkan. Bila sulap dikategorikan ke dalam sihir bagaimana nasib si Deddy? Menurut Imam Syafi'i, imam kita, penyihir termasuk pesulap itu tidak kufur dan tak dibunuh sebab sihirnya kecualibila memang ia punya maksud membunuh seseorang dan korbannya itu mati akibat sihirnya. Pendapat imam ahmad menyatakan bahwa penyihir itu dicap kafir, imam syuja' menyebutkan murtad, Imam Malik berpendapat tetap muslim tapi ia divonis harus dibunuh, ini tidak berlaku bagi penyihir non muslim. Mengenai belajar sihir, bila proses nya melalui pemujaan syetan atau bertujuan jelek : membunuh, memecah belah rumah tangga dll. Maka tak boleh dipelaajri atau di praktekkan dan pelakunya menjadi kafir. Tapi bila bebas dari unsur diatas seperti taktik sulap maka tetap tak boleh dipelajari kecuali bila belajar sulap ditujukan hanya sekedar permainan dan menghibur, maka makruh mempelajarinya.
Bila kalian udah tahu all about magic, dan termasuk tipe pecinta The Master, mulai detik ini ganti deh ke acara lain untuk jaga-jaga takutnya kita malah terhipnotis atau yang lebih dangerous lagi, sampe' percaya dan kagum pada pertunjukan pesulap, naudzubillah min dzalik. Karena bagaimanapun juga mereka adalah tukang tipu.
Thank you for visited me, Have a question ? Contact on : youremail@gmail.com.
Please leave your comment below. Thank you and hope you enjoyed...

0 comments:

Post a Comment